Selasa, 06 Desember 2016

SIAPA YANG PERTAMA KALI MEMBUAT JAM ?

Tags

Kalau kita merbicara mengenai jam, maksud kita adalah alat untuk mengukur waktu. Tap manusia menemukan berbagai cara untuk mengukur waktu jauh sebelukm ia menemukan alat untuk melakukannya.
Terbit dan tenggelamnya matahai merupakan jam manusia uang pertama. Bayangkan tongkat, batu , dan pohon yang menanjanng dan memende, juga memberi manusia gambaran jam secara kasar. Dan gerakan bintang memberinya jam raksasa. Manusia menyadari bawa seiring belalunya malam, bintang yang berbeda muncul.
Orang mesir kuno membagi malammenjadi periode duabelas jam, sama terbitnya duabelas bintang. Mereka embagi hari menjadi dua belas jam juga, dan hari kita yang terdiri dari dau puluh empat jam berdasarkan pada pembagian hari dan malam bangsa Mesir. Orang mesir juga membuat jam bayangan---balok kayu dengan penunjuk. Tentu saja jam bayangan ini, atau jam matahari, mempunyai duabelas periode waktu untuk embagi hari--- jadi itulah jam yang pertama.
                Jam berikutnya yang dikembangkan manusia menggunakan api dan air.sebuah lilin dengan galur yang digoreskan pada batangannya akar mengukur waktu saat terbakar dari galur ke galu. Sebuah piring dengan lubang kecil di dasarnya dapat diisi dengan air. Setelah periode waktu tertentu, piring yang mengapung akan penuh air dan tenggelam
                Setelah dua ribu tahun yang lalu, manusia mengembangkan jam jenis lain --- jam gelas. Ini berdiri dari dua gelas kosong yang berhubungan sehingga pasir dapat mengalir dari satu gelas kosong ke gelas lainnya. Wadah di sebelah atas dipenuhi dengan pasir yang cukup untuk mengalir ke wadah bawah selama satu jam.
                Sekitar tahun 140 sebelum Masehi, otang Yunani dan Romawi menggunakan roda gigi untuk menyempurnakan jam air. Sesuatu yang mengapung ditempatkan di wadah, dan mengapung saat air menetes ke dalam wadah. Pengaping ini di hubungkan dengan  roda gig. Roda memutarkan penunjuk yang perlahan-lahan bergerak dari satu tanda waktu ke tanda waktu berikutnya.
                Jam mekanis yang sesungguhnya ditemukan sekitar seribu emparatus tahun berukutnya. sebuah beban dipasang pada gulungan.  Saat tali lepas, tali itu memutarkan gulungan, yang memutarkan satu seri roda gigi. Roda ini diputar dengan tangan pada sebuah sekrup.

Sumber : Buku Arkady Leokum


EmoticonEmoticon