Selasa, 06 Desember 2016

LANGKAH AWAL MENJADI PENULIS

Tags

Manusia hidup pasti melakukan yang namanya pembelajaran. Kecuali bagi mereka yang tidak ingin hidup
bahagia atau manusia yang hidup t
api seakan mati. 

Belajar adalah suatu proses yang dilakukan agar mencapai hal yang lebih baik. Dengan belajar kita menjadi tahu.
Dengan kata lain, belajar adalah kunci kesuksesan. Setuju ?
Menulis. pernahkah kalian berpikir untuk menjadi seorang penulis ?
Penulis yaitu orang yang menuangkan gagasan pikiran kedalam sebuah tulisan. Menulis merupakan anugerah yang diberikan oleh tuhan kepada manusia.
Setiap orang pasti bisa menulis. Hanya saja, banyak orang yang beranggapan bahwa menulis merupakan kegiatan yang sulit dilakukan.
Ya, memang menulis akan terasa sulit jika kita beranggapan itu sulit. Iya kan ?
Ada anggapan yang menyatakan bahwa jika kita sudah membaca 1000 buku. Maka kita hanya baru belajar 1000 pengalaman orang lain.
Oleh karena itu, menulislah ! kita akan tambah hebat dengan menulis.
 
Berikut mengenai tips dan trik bagi penulis awam
Berdoa agar dilancarkan dalam berpikir
Sama seperti halnya kita belajar disekolah. Pasti kita awali dengan berdoa, setuju ? berdoa memohon untuk dimudahkan dalam segala urusan. Begitu pun jika kita sudah punya niatan untuk menulis. kita perlu berdoa agar tulisan yang kita buat bisa bermanfaat kelak.
Niatkan ! tujuan !
kalian tahu permainan sepak bola ? tujuan permainan itu adalah memasukan bola ke dalam gawang lawan. Goal itu penting ! sulit dibayangkan jika kita hidup tidak punya tujuan. Menulislah dengan tujuan yang kalian inginkan. Entah itu memberikan informasi, catatan perjalanan pribadi, hiburan untuk orang lain atau sebagai sumber penghasilan.
Wadah
Erat kaitannya antara menulis dengan Ilmu. ibarat kita menangkap kancil. Jika kita ingin kancil tersebut tidak lepas, kita harus memberinya tali untuk mengikatnya. Seperti halnya dengan ilmu. Ilmu yang kita dapat harus kita ikat supaya tidak hilang. Mengkatnya yaitu dengan cara ditulis.
Menulislah dalam sebuah wadah. Entah itu buku harian, blog, media sosial, atau apapun yang sekiranya akan bisa kita buka lagi catatan yang pernah kita buat kelak.
Target minimal ! Berlatih terus, terus berlatih !
Berlatih akan membuat kita hebat. berlatih adalah dengan cara mengulang hal yang sama setiap hari. Tetapkan target minimal dalam menulis. Menulislah setiap hari ! minimal 1 halaman atau berapapun yang kalian mau. Tulislah apa yang kalian ingin. Terus ulang setiap hari tanpa terlewat.
Karena kekuatan timbul dari pengulangan.

2 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Terima kasih tulisannya, semakin menguatkan untuk terus belajar menulis, saya sangat setuju dengan yang di katakan mas Regan Regiantara, berlatihlah dan terus berlatih, untuk menjadi penulis terlatih kita harus terus berlatih dan berlatih, dan ikat tulisan kita dalam sebuah media, salah satunya adalah blog.

terima kasih banyak Mas Regan

dari sahabatmu Asep Lukman


EmoticonEmoticon